Iswah, Nadzriati dan Kartikawati, Eka (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
nadzriati iswah.pdf Download (866kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan video pembelajaran e-learning pada siswa kelas XI di MAN 6 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling.
Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment sebanyak 10 soal essay dengan 7 soal valid dan 3 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncbach memperoleh rhitung = 0,47 › rtabel 0,33, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat diperoleh Xhitung = 8,7 < Xtabel = 9,21 maka dapat disimpulkan bahwa data bersitribusi normal, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher dan didapatkan Fhitung = 0,52 < Ftabel = 2,31, maka dapat disimpulkan bahwa data variansi kelompok bersitribusi homogen.
Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,46 dengan ttabel = 2,65 pada α = 0,01 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran e-learning pada keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 6 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:02 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25007 |
Actions (login required)
View Item |