PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Iswah, Nadzriati dan Kartikawati, Eka (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of nadzriati iswah.pdf]
Preview
Text
nadzriati iswah.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan video pembelajaran e-learning pada siswa kelas XI di MAN 6 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling.
Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment sebanyak 10 soal essay dengan 7 soal valid dan 3 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncbach memperoleh rhitung = 0,47 › rtabel 0,33, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat diperoleh Xhitung = 8,7 < Xtabel = 9,21 maka dapat disimpulkan bahwa data bersitribusi normal, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher dan didapatkan Fhitung = 0,52 < Ftabel = 2,31, maka dapat disimpulkan bahwa data variansi kelompok bersitribusi homogen.
Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,46 dengan ttabel = 2,65 pada α = 0,01 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran e-learning pada keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 6 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25007

Actions (login required)

View Item View Item