EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH KULIT PISANG (Musa sp) DENGAN AIR CUCIAN BERAS DAN LIMBAH KOTORAN KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea) HIDROPONIK

Luthfiah, Annisa Ulfa dan An Nisaa, Ranti (2021) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH KULIT PISANG (Musa sp) DENGAN AIR CUCIAN BERAS DAN LIMBAH KOTORAN KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea) HIDROPONIK. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Annisa Ulfa Luthfiyah.pdf]
Preview
Text
Annisa Ulfa Luthfiyah.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Sawi (Brassica juncea) termasuk ke dalam famili Brassicaceae merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak diminati di Indonesia. Namun, hal ini tidak diimbangi dengan tingginya tingkat produksi tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemberian POC limbah kulit pisang terhadap pertumbuhan tanaman sawi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat macam pelakuan yaitu (P0) kelompok kontrol , (P1) 20 ml POC (limbah kulit pisang + air cucian beras, kotoran kambing), (P2) 50 ml POC (limbah kulit pisang + air cucian beras + kotoran kambing) dan (P3) 75 ml POC (limbah kulit pisang + air cucian beras + kotoran kambing). Hasil uji anova perhitungan panjang batang adalah F hitung = 7,62; nilai uji anova perhitungan jumlah daun F hitung = 4,5; nilai uji anova perhitungan berat basah F hitung = 1,33; dan hasil uji anova perhitungan berat kering adalah F hitung= 2,54. Pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa pupuk organik cair limbah kulit pisang hanya berpengaruh terhadap panjang batang. Sementara itu, pada parameter jumlah daun, berat basah, dan berat kering tidak ada pengaruh pada pemberian pupuk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:51
Last Modified: 10 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item View Item