PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER I

Mukharomah, Anisa dan Akbar, Budhi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER I. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Annisa mukharomah.pdf]
Preview
Text
Annisa mukharomah.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa instrumen penilaian
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Biologi SMA Kelas X
Semester I. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research) dengan
mengadaptasi model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation yang terdiri
dari tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping (Expert reviews,
one to one, small group) dan field test. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah
peserta didik kelas X MIPA SMAN 39 Jakarta dengan responden sebanyak 6
peserta didik pada tahap one to one dan 12 peserta didik pada tahap small group.
Sedangkan pada uji tahap akhir (field test) pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling sebanyak 58 responden. Instrumen penilaian yang
dikembangkan berupa tes pilihan ganda sebanyak 51 butir soal yang terdiri dari tiga
indikator HOTS yakni C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C6 (mengkreasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki
kualitas layak berdasarkan hasil validasi ahli dengan persentase 82,6%. Respon
peserta didik terhadap keterbacaan soal menunjukkan respon positif dengan
persentase 79,69%. Hasil analisis data menunjukkan jumlah soal valid sebanyak 31
butir soal dengan persentase 72,09% dan soal tidak valid sebanyak 12 butir soal
dengan persentase 27,91%. Selanjutnya hasil pengujian reliabilitas menggunakan
rumus Spearman – Brown didapatkan angka sebesar 0,92 dengan kategori sangat
tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian
keterampilan berpikir tingkat tinggi telah memenuhi syarat sebagai instrumen yang
baik yakni valid dan reliabel. Angket yang diberikan untuk memperoleh
komentar/tanggapan dari beberapa peserta didik, praktisi dan ahli terhadap
instrumen yang dikembangkan sudah layak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:51
Last Modified: 10 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item