Afifah, Afifah dan Safahi, Luthpi (2021) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PLANTAE KELAS X. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
afifah salim.pdf Download (557kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan proses sains (KPS) merupakan kemampuan keterampilan peserta didik yang digunakan untuk menemukan suatu konsep atau pengetahuan melalui proses kerja ilmiah dengan menggunakan konsep yang sudah ada sebelumnya, fakta serta penalaran dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains peserta didik pada materi plantae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 38 butir soal untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik, kemudian instrumen angket sebanyak 18 butir digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains. Instrumen terlebih dahulu divalidasi dengan cara dijasmen oleh dosen ahli dan secara empiris diuji coba pada kelas XI IPA sebanyak 76 peserta didik. Setelah dilakukan validasi, instrumen digunakan untuk penelitian ini pada peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 67 Jakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA yang berjumlah 4 kelas, sedangkan sampel diambil dengan cara cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu terdiri dari 74 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains dengan rata-rata sebesar 53,7% dan masuk ke dalam kategori cukup. Dari sembilan indikator yang digunakan untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses sains peserta didik, keterampilan tertinggi yaitu indikator prediksi dengan persentase 70,27% masuk ke dalam kategori baik, sedangkan keterampilan terendah yaitu indikator mengajukan pertanyaan dengan persentase 44,05% masuk ke dalam kategori cukup. Kemudian kemampuan keterampilan proses sains peserta didik dipengaruhi dengan adanya beberapa faktor yaitu faktor guru yang menyatakan bahwa metode yang digunakan bervariasi serta menggunakan model berbasis pengamatan atau observasi dan media berupa grafik/gambar/video. Adapun faktor dari peserta didik itu sendiri, seperti sebagian peserta didik memiliki minat dan motivasi dalam belajar, serta ketersediaan sarana prasarana yang digunakan pada saat pembelajaran. Kesimpulannya bahwa kemampuan keterampilan proses sains peserta didik masuk ke dalam kategori cukup dan beberapa indikator seperti interpretasi, klasifikasi, menerapkan konsep serta mengajukan pertanyaan perlu dilatih serta ditingkatkan lagi kemampuan keterampilan proses sainsnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:48 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24950 |
Actions (login required)
View Item |