PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM

Saputra, Aditya dan Murwitaningsih, Susanti (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Aditya Saputra.pdf]
Preview
Text
Aditya Saputra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini perkembangan teknologi telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang berdampak pada beberapa sektor, khususnya pada sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran di era ini lebih cenderung menggunakan teknologi, salah satu contohnya teknologi digital. Guru di era 4.0 dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi digital misalnya video pembelajaran berbasis animasi. Studi ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis video animasi pada materi ekosistem, dan untuk menguji kelayakan video pembelajaran berdasarkan pendapat dan penilaian dari beberapa ahli serta mengetahui respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran tersebut.
Penelitian ini mempergunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model dari Borg and Gall. Proses tahapan digunakan sampai dengan 7 tahapan yaitu studi pendahuluan, tahap perencanaan penelitian, langkah pengembangan desain, tahap uji coba pendahuluan, merevisi hasil uji pendahuluan, tahap uji coba lapangan skala kecil dan skala besar, merevisi hasil uji coba lapangan skala kecil dan skala besar. Instrumen yang digunakan berupa angket tanggapan untuk validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan peserta didik.
Uji validasi kelayakan video pembelajaran mendapatkan hasil diantaranya, penilaian dari tiga ahli media mendapatkan nilai 78,67% dengan kriteria layak, lalu penilaian dari empat ahli materi mendapatkan nilai 73,61% dengan kriteria layak, berikutnya penilaian dari dua ahli bahasa mendapatkan nilai 81,00% dengan kriteria sangat layak, selanjutnya adalah respon dari peserta didik yaitu pada uji coba skala kecil dengan jumlah responden sebanyak 12 orang mendapatkan nilai 85,94% dengan kriteria sangat layak dan uji coba skala besar dengan jumlah responden sebanyak 68 orang mendapatkan nilai 84,39% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Ekosistem dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:35
Last Modified: 10 Jul 2023 08:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24949

Actions (login required)

View Item View Item