Nurjannah, Devi (2021) Analisis Faktor-Faktor Pengetahuan terhadap Minat Memilih Bank Syariah Studi Kasus Mahasiswa FEB UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Preview |
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1602055027_Devi Nurjannah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Pengetahuan Definisi, Pengetahuan Prinsip, Pengetahuan Produk dan Pengetahuan Lokasi terhadap Minat Memilih. Variabel dependen pada peneliltian ini adalah minat memilih. Sedangkan variabel independen yang digunakan yaitu pengetahuan definisi, pengetahuan prinsip, pengetahuan produk dan pengetahuan lokasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Responden dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Aktif semester ganjil yang terdaftar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA. Hasil jawaban responden kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 24. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 96 sampel. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik. Hasil yang diperoleh dari koefisien persamaan regresi Ŷ = . Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik T menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan definisi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat memilih dengan nilai t hitung sebesar 2,039 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,044 < 0,05. Variabel pengetahuan prinsip berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat memilih dengan nilai t hitung sebesar -2,252 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05. Variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih dengan nilai t hitung sebesar 6,256 > t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel pengetahuan lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat memilih dengan nilai t hitung 0,195 < t tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,846 > 0,05. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel pengetahuan definisi, pengetahuan prinsip, pengetahuan produk dan pengetahuan lokasi secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap minat memilih dengan nilai f hitung sebesar 32, 145 > f tabel (2,47) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,586 yang berarti variabel minat memilih yang dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan definisi, pengetahuan prinsip, pengetahuan produk dan pengetahuan lokasi sebesar 58,6% dan sisanya 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen agar dapat melihat faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi minat memilih. Selain itu, perbanyak jumlah responden dengan cakupan wilayah yang lebih luas guna mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | libfeb libfeb libfeb |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 06:46 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 06:46 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24672 |
Actions (login required)
View Item |