Analisis Resepsi Remaja Perempuan Terhadap Personal Branding Youtubers Berhijab Pada Akun Youtube Channel Ria Ricis Official

Indah, Utami Diahrosa (2019) Analisis Resepsi Remaja Perempuan Terhadap Personal Branding Youtubers Berhijab Pada Akun Youtube Channel Ria Ricis Official. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_INDAH UTAMI DIAHROSA_1406015059.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_INDAH UTAMI DIAHROSA_1406015059.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi audiens, yang merupakan audiens media baru khususnya remaja perempuan terhadap personal branding YouTuber berhijab Ria Ricis pada akun YouTube Channel Ricis Official. Pada penelitian ini berasal dari 2 (dua) komunitas remaja yang memiliki latar belakang berbeda yaitu Ikatan Remaja Masjid Al-Anwar (IRMAWAR) dan Persekutuan Remaja HKBP Petojo. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengkaji secara mendalam fenomena yang terjadi dalam realitas sosial. Penelitian ini menggunakan teori encoding-decoding Stuart Hall, untuk mengetahui bagaimana audiens membuat (encoding) dan menerima (decoding) serta teori penilaian sosial. Dikarenakan setiap audiens memiliki interpretasi dan pemaknaan yang berbeda-beda pada suatu hal yang dipahaminya berdasarkan pengetahuan dan pemikiran. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme peneliti ingin mencari kebenaran penerimaan remaja perempuan dari Ikatan Remaja Masjid Al- Anwar (IRMAWAR) dan Perkumpulan Remaja HKBP Petojo terhadap personal branding YouTuber Ria Ricis. Metode pengumpulan data penelitian yaitu wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ditemukan remaja perempuan dari Persekutuan Remaja HKBP Petojo dominan terhadap personal branding YouTuber berhijab Ria Ricis dan negosiasi. Lalu remaja perempuan Ikatan Remaja Islam Masjid Al-Anwar (IRMAWAR) ada posisi negosiasi yang menerima namun tidak sepenuhnya, dan oposisi yang tidak menerima terhadap personal branding Ria Ricis. Penelitian selanjutnya bisa mengkaji personal branding seseorang dalam dunia maya dan dunia nyata, sehingga mengeksplorasi faktor pembentuk dan penerimaan personal branding berbeda satu sama lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:18
Last Modified: 13 Apr 2023 04:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24601

Actions (login required)

View Item View Item