Kekerasan Verbal dalam Game Online (Analisis Isi Kualitatif Game Minecraft dalam video Nevin Gaming dan Miuveux di Youtube)

Reyvianto, Dwi Putra (2018) Kekerasan Verbal dalam Game Online (Analisis Isi Kualitatif Game Minecraft dalam video Nevin Gaming dan Miuveux di Youtube). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ REYVIANTO DWI PUTRA_1406015103.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ REYVIANTO DWI PUTRA_1406015103.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Youtube berperan sebagai sarana baru yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan hiburan. Youtube menyajikan berbagai macam genre, mulai dari game, film, hiburan dan edukasi yang disajikan kepaada masyarakat secara luas. Youtube juga digunakan sebagai media informasi dan edukasi untuk menambah wawasan dan nilai dari sebuah video yang ada di youtube itu. Penelitian ini berfokus pada kekerasan verbal dalam youtube channel Nevingaming dan Miuveox. Penelitian ini menggunakan paradigma Konstuktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode analisi isi deksriptif. Peneliti ini menggunakan teori komunikasi verbal, yang meneliti setiap pengucapan dialog dan adegan yang menggambarkan kekerasan verbal didalam Video tersebut, kemudian peneliti kaitkan denagan teori Komunikasi Verbal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan metode penelitian yang subjektif. Jenis pada penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu kejadian sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya kekerasan verbal di dalam video Nevingaming dan Miuveox. Faktor yang mengkontribusinya adalah faktor lingkungan dan faktor ekonomi. Penelitian selanjutnya disarankan agar menggunakan paradigma kritis dan pendekatan kualitatif, guna penelitian lebih membahas dampak new media di dalam konteks komunikasi massa guna memperkaya paradigma kritis dalam komunikasi khususnya pada bidang penyiaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:49
Last Modified: 12 Apr 2023 06:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24474

Actions (login required)

View Item View Item