Perbedaan Antara Model Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Model Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Inwanul Huda Jakarta Timur.

Fauziyah, Rizqi dan Amirullah, Gufron (2021) Perbedaan Antara Model Visualization Auditory Kinesthetic Dengan Model Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Inwanul Huda Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1201045492_RIZQI FAUZIYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1201045492_RIZQI FAUZIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Visualization Auditory Kinesthetic dengan model Auditory Intellectually Repetition. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kela IV-A dan siswa kelas IV-B berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas Visualization Auditory
Kinesthetic dan 30 siswa pada kelas Auditory Intellectually Repetition. Instrumen yang digunakan telah diuji yang berbentuk soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Dari hasil uji validitas menggunakan Korelasi Point Biserial diperoleh 30 butir tes yang valid dari 40 butir test. Untuk pengujian realibilitas dengan menggunakan K-R 20, diperoleh rhitung > rtabel (0,88 > 0,36) sehingga instrumen ini dikatakan reliabel. Pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors untuk kelas
eksperimen 1, diperoleh Lo = 0,0602 < Ltabel = 0,1617, dan untuk kelas eksperimen 2 diperoleh Lo = 0,0187 < Ltabel = 0,1617 maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,707 < Ftabel = < 1,858. Maka Ho diterima, artinya homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan nilai
rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 77,53 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 70,5. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,047 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 58 seharga 2,002. Karena thitung = 2,047 > ttabel 2,002, maka thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara model Visualization Auditory Kinesthetic dengan model Auditory Intellectually Repetition pada siswa kelas IV MI Inwanul Huda
Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:33
Last Modified: 10 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24320

Actions (login required)

View Item View Item