Muatan Diskriminasi terhadap Kelompok Disabilitas dalam Film (Analisis Isi Kualitatif Drama Serial Film Isyarat pada Aplikasi Streaming Online Maxtream)

Kurniasih, Annisya (2021) Muatan Diskriminasi terhadap Kelompok Disabilitas dalam Film (Analisis Isi Kualitatif Drama Serial Film Isyarat pada Aplikasi Streaming Online Maxtream). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015280_ ANNISYA KURNIASIH.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015280_ ANNISYA KURNIASIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti terkait muatan diskriminasi yang terdapat dalam sebuah film terhadap kelompok disabilitas. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami tindakan diskriminasi terhadap kelompok disabilitas dalam drama serial film Isyarat serta memahami faktor yang muncul terkait diskriminasi dalam drama serial film Isyarat. Kajian memfokuskan kepada konteks komunikasi massa, terutama perihal isi pesan dalam sebuah film.
Kajian menggunakan teori hirarki pengaruh isi media yang digagas oleh Shoemaker dan Reese. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dikarenakan pendekatan kualitatif gunanya untuk memahami suatu realita yang terjadi dalam sebuah penelitian serta menggunaan paradigma konstruktivisme. Terakhir, dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu analisis isi kualitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya diskriminasi dalam film drama serial Isyarat serta terdapat faktor-faktor yang melatarbelakangi baik internal maupun eksternal

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:22
Last Modified: 11 Apr 2023 04:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24228

Actions (login required)

View Item View Item