Zsalsabilla, Meivi Naura dan Hendriana, Benny dan Masykuroh, Khusniyati (2022) Pengembangan media augmented reality sistem tata surya (solar system) pada anak usia 5–7 tahun. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9 (2). pp. 136-148. ISSN 2460-7177
Preview |
Text (Artikel jurnal nasional terakreditasi)
Meivi Benny Khusniyati.pdf - Published Version Download (711kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa aplikasi augmented reality atau AR tentang sistem tata surya untuk anak usia 5-7 tahun. Karena pada saat ini sumber belajar untuk mengenal sistem tata surya hanya bisa melalui buku bergambar, alat peraga dan berkunjung ke planetarium namun tidak semua bisa dengan mudah mengakses itu semua dengan menggunakan teknologi akan sangat membantu untuk dapat mengenal sistem tata surya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dibagi menjadi lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Media pembelajaran augmented reality sistem tata surya ini telah diverifikasi oleh pakar media dan pakar materi. Ahli media mendapatkan hasil rata-rata 92% kategori sangat valid dan ahli materi hasil rata-rata 92% kategori sangat valid. Selain telah divalidasi oleh para ahli, media pembelajaran ini juga telah diujicobakan kepada guru dan orang tua. Hasil tes guru TK Al Munawwarah adalah 89% dalam kategori sangat valid, dan hasil tes orang tua adalah 81% dikategorikan valid. Dapat disimpulkan bahwa media augmented reality sistem tata surya pada anak usia 5-7 tahun dapat dikategorikan valid dan layak digunakan serta dapat dikembangkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Khusniyati Masykuroh |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 09:06 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 09:06 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23513 |
Actions (login required)
View Item |