NILAI-NILAI AL-ISLAM DAN KEMUHAMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME GURU BK SE-KARAWANG

Asni, Asni dan Nur Ilahi, Fauzi dan Hajar, Siti NILAI-NILAI AL-ISLAM DAN KEMUHAMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME GURU BK SE-KARAWANG. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
7612-22853-1-PB.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu organisasi yang peduli terhadap pendidikan, Muhammadiyah juga menyoroti peran karakter pada peserta didik. Disisi lain guru bimbingan dan konseling sebagai praktisi disekolah memiliki peran sangat penting terhadap pendidikan karakter peserta didik. permasalahan masyarakat di masa pandemi bahwa mereka memiliki rasa ingin menolong. Namun, terhambat dengan kemampuan diri dan juga kurang percaya diri dalam memberikan bantuan. Permasalahan yang muncul di masa pandemi ini diharapkan mendeskripsikan perilaku altruisme. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling se-Karawang. Jenis instrumen yang digunakan wawancara dan observasi serta instrument pendukung untuk mengukur tingkat altruisme guru bimbingan dan konseling menggunakan instrumen berupa angket. Analisis tematik dilakukan kepada 75 partisipan guru bimbingan dan konseling yang bertugas di wilayah Karawang sehingga menghasilkan 62 subjek dengan kategori tinggi, 13 subjek berada pada kategori sedang dan 0 subjek pada kategori rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa perilaku altruisme pada guru bimbingan dan konseling walaupun sedang di masa pandemic kepedulian terhadap sesama dilingkungan sekitarnya sudah sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: siti hajar
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:05
Last Modified: 13 Apr 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23442

Actions (login required)

View Item View Item