Pengaruh Market Value Added (MVA), Profitabilitas dan Harga Emas terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)

Daniati, Rahma (2022) Pengaruh Market Value Added (MVA), Profitabilitas dan Harga Emas terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025011_Rahma Daniati.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025011_Rahma Daniati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Market Value Added (MVA), Profitabilitas dan Harga Emas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Variabel yang diteliti adalah Market Value Added (MVA), Return On Equity (ROE), Harga Emas dan Harga Saham. Data yang digunakan dalam penelitian berupa data sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling dari populasi sebanyak 51 perusahaan dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 6 perusahaan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik meliputi : uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis meliputi : uji parsial (uji T), uji simultan (uji F) dan uji koefisien
determinasi (R2). Data Market Value Added (MVA), Return On Equity (ROE) dan Harga Saham pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan yang diunduh di www.idx.co.id, sedangkan data Harga Emas diperoleh dari website resmi www.logammulia.com. Data yang diperoleh pada penelitian ini dihitung dan dianalisis menggunakan Software SPSS Versi 25. Hasil penelitian uji parsial menunjukkan bahwa Market Value Added (MVA) dan Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan Harga Emas berpengaruh negatif terhadap Harga Saham. Hasil penelitian uji simultan menunjukkan bahwa Harga Emas berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Jumlah pengaruh yang disebabkan oleh variabel-variabel ini adalah 45,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel-variabel lainnya untuk meneliti pengaruh terhadap Harga Saham seperti ROA, EVA, Inflasi serta variabel lainnya dan menggunakan sampel dengan jenis perusahaan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:27
Last Modified: 03 Apr 2023 02:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22999

Actions (login required)

View Item View Item