Pengaruh Word Of Mouth dan Viral Marketing terhadap Minat Beli Melalui Online Shopee (Studi Kasus pada Karyawan di Badan Pengelola Keuangan Haji)

Azmi Zabir, Ghibran (2021) Pengaruh Word Of Mouth dan Viral Marketing terhadap Minat Beli Melalui Online Shopee (Studi Kasus pada Karyawan di Badan Pengelola Keuangan Haji). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02M-21083 Ghibran Azmi Zabir.pdf]
Preview
Text
S02M-21083 Ghibran Azmi Zabir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui Pengaruh Word Of Mouth, Viral Marketing terhadap Minat Beli Karyawan Melalui Online Shopee Di Badan Pengelola Keuangan Haji. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, dengan variabel yang diteliti yaitu Word Of Mouth dan Viral Marketing sebagai variabel independen dan Minat Beli sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Di
Badan Pengelola Keuangan Haji Jakarta sebanyak 176 Karyawan. Dan sampel pada penelitian ini berjumlah 123 karyawan, dengan tekinik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data mengunakan kueisioner. Dan teknik pengolahan dan teknik analisis data meliputi Uji Kualitas Data (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), Analisis Regresi Linier Berganda (Model Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik,), Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t, Uji F). Model regresi liner berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 3,593 + 0,612X1+0,231X2. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi sehingga model regresi dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least Square) merupakan BLUE (Best Linier Unbiased Estimator). Hasil analisis koefisien korelasi berganda menunjukkan bahwa Word of Mouth dan Viral Marketing terhadap Minat Beli sebesar 0.682, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan kuat dan signifikan. Hasil analisis koefisien korelasi parsial antara Word of Mouth dan Minat Beli sebesar 0,666, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan positif, kuat, dan signifikan. Hasil analisis koefisien korelasi parsial antara Viral Marketing dan Minat Beli sebesar 0.556, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan positif, kuat, dan signifikan. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan Adjusted adalah 0.457, sehingga 45,7% variasi Minat Beli dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu Word of Mouth dan Viral Marketing, sedangkan sisanya (100% - 45,7% = 54,3%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar model. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung Word of Mouth sebesar 5,940 ttabel 1.97993 dan nilai signifikansi Word of Mouth 0.000 0.05, sehingga Word of Mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Nilai thitung Viral Marketing sebesar 2,246 ttabel 1,97993 dan nilai signifikansi Viral Marketing 0.027 0.05, sehingga Viral Marketing berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa nilai F hitung 52,307 F tabel. 3.07 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05, sehingga Word of Mouth dan Viral Marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh baik Word of Mouth maupun Viral Marketing berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Karyawan melalui online shopee di Badan Pengelola Keuangan Haji, sehingga perlu lebih ditingkatkan penerapan metode pemasaran tersebut agar lebih banyak lagi minat konsumen terhadap online shopee.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:37
Last Modified: 28 Mar 2023 06:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/22566

Actions (login required)

View Item View Item