Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Umkm Yang Ada Di Jakarta Timur

Febri, Hensy Aura (2021) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Umkm Yang Ada Di Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015087_ Hensy Aura Febri.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015087_ Hensy Aura Febri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara kesadaran wajib pajak, pemahaman wajib pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM yang ada di Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak pelaku UMKM di Jakarta Timur. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 70 responden. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan google form dan diolah menggunakan software SPSS versi 26.
Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R²).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran wajib pajak secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Jakarta Timur. Sedangkan secara parsial pemahaman wajib pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Jakarta Timur. Secara simultan kesadaran wajib pajak, pemahaman wajib pajak, dan sanksi pajak bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Jakarta Timur dengan tingkat 49,2%. Sedangkan sisanya 50,8% (100% - 49,2%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu: kesadaran wajib pajak, pemahaman wajib pajak dan sanksi pajak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:21
Last Modified: 24 Feb 2023 04:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/21710

Actions (login required)

View Item View Item