Pengaruh Profitabilitas, Risiko Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Syawalluddin, Syawalluddin (2021) Pengaruh Profitabilitas, Risiko Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702015012_ Syawal Teins.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702015012_ Syawal Teins.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi,
dimana variabel yang diteliti adalah profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel independen dan Corporate Social Responsibility sebagai variabel dependen. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Adapun teknik pemilihan sampel menggunakan judgment sampling dan diproleh sampel sebanyak 7 perusahaan,
dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, yang dimana menelaah laporan keuangan yang di ambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dari ke -7 perusahaan yang menjadi sampel dan teknik pengelolaan dan
analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi dan analisis regresi linier berganda.
Pengolahan data menggunakan SPSS 26 dan diproleh persamaan regresi linier berganda Y = 22,919 + 0,006 X1 + -0,033 X2 + -2,714 X3 + -0,001 X4, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas memiliki residual berdistribusi normal, tidak
terjadi multikolinearitas, tidak terjadi eteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi, maka model regresi yang diperoleh adalah Best Linier Unbiased Estimator (BLUE).
Analisis koefisien korelasi diperoleh sebesar -7,1%, menunjukkan bahwa hubungan antara variabel profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dengan variabel Corporate Social Responsibility adalah cukup kuat. Analisis koefisien determinasi dengan menggunakan Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dapat dijelaskan -7,1%, variasi variabel Corporate Social Responsibility, sedangkan sisanya 92,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Pengujian hitopesis secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh,
dengan signifikansi 0,866 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel tingkat risiko perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,371 > 0,050, pengujian secara parsial antara
variabel ukuran perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,280 > 0,050, pengujian secara parsial antara variabel pertumbuhan perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility tidak terdapat pengaruh, dengan signifikansi 0,929 > 0,050 Berdasarkan penjelasan di atas disarankan kepada perusahaan farmasi, yang menjadi sampel dalam penelitian, untuk meningkatkan corporate social
responsibility harus memperhatikan komposisi – komposisi dari profitabilitas, risiko perusahaan, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan dalam penelitian ini secara parsial tidak berpengaruh yang signifikan terhadap corporate
social responsibility.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 11 Feb 2023 07:54
Last Modified: 11 Feb 2023 07:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/20880

Actions (login required)

View Item View Item