Hegemoni Maskulinitas: Konstruksi Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini

Qosyasih, Nelis Nazziatus Sadiah dan Amirullah, Amirullah dan Zamah Sari, Zamah Sari (2023) Hegemoni Maskulinitas: Konstruksi Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini. Hegemoni Maskulinitas: Konstruksi Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (1). pp. 479-490. ISSN 2549-8959

[thumbnail of Jurnal]
Preview
Text (Jurnal)
3168-17509-2-PB.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana tenaga pengajar pada TK berbasis Islam
khususnya TK Aisyiyah ABA Sawangan Kota Depok dalam mengkonstruksi identitas gender pada
anak usia dini sesuai dengan nilai Kemuhammadiyahan dan misi Aisyiyah. penelitian ini berusaha
untuk memahami bagaimana tenaga pengajar melihat anak-anak di sekolah berkembang,
bernegosiasi dan mengkonstruksi gender yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori
feminis poststrukturalis sebagai pisau analisis dengan metode kualitatif melalui studi kasus
dengan grounded theory melalui teknik wawancara terbuka pada 3 orang pengajar yang dipilih
secara acak (purposive sampling). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru melakukan kontrol
pada permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan yang mengarah pada
konstruksi gender yang melekat selama ini serta pemahaman guru tentang konsep kodrat yang
mengarahkan pada legitimasi aturan agama. Berdasarkan temuan tersebut, kami
merekomendasikan agar guru di pendidikan anak usia dini untuk lebih sadar gender, dapat
memberikan kesempatan yang sama bagi anak laki-laki dan perempuan dalam konteks Islam dan
sesuai dengan visi Aisyiyah yang menekankan tentang Pendidikan yang berkeadilan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nelis Nazziatus Sadiah Qosyasih
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:34
Last Modified: 27 Jan 2023 06:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/18217

Actions (login required)

View Item View Item