Pembinaan Kesadaran Beragama sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Agama Islam di Lapas Kelas IIB Anak Wanita Tangerang

Heri, Totong (2019) Pembinaan Kesadaran Beragama sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Agama Islam di Lapas Kelas IIB Anak Wanita Tangerang. Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2). pp. 142-155.

[thumbnail of garuda1482606.pdf]
Preview
Text
garuda1482606.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Lembaga pemasyarakatan merupakan salah satu tempat pembinaan
bagi masyarakat yang terjerat hukum. Terkait dengan pembinaan tersebut penelitian ini mencoba mendeskripsikan kegiatan Pendidikan Agama Islam yang diadakan di Lapas Kelas IIB anak Wanita Tangerang dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan dengan metode observasi langsung. Hasil penelitian bahwa kegiatan pendidikan agama Islam di Lapas klas IIB anak wanita Tangerang berjalan dengan baik dan postif. Disimpulkan bahwa upaya peningkatan pemahaman agama Islam dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang tidak berbeda dari metode bimbingan pada umumnya. Diantaranya seperti metode ceramah, metode pembelajaran al-quran, serta metode muhasabah dan dzikir. Hambatan yang terjadi dalam kegiatan pendidikan agam Islam ini yakni kurangnya kesadaran
dari narapidana dalam melaksanakan proses kegiatan keagamaan dan kurangnya perhatian dari Pemerintah dalam pengadaan tenaga pendidik dan sarana prasana dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Totong Heri
Date Deposited: 08 Dec 2022 23:45
Last Modified: 08 Dec 2022 23:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17589

Actions (login required)

View Item View Item