Rahayu, Irma Sri dan Masrokhah, Yuni dan Utari, Retno (2019) Korelasi antara Penguasaan Huruf Kanji Terhadap Pemahaman Dokkai (membaca) dalam Soal-soal JLPT (pada Mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
IRMA SRI RAHAYU.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antara penguasaan huruf kanji
terhadap pemahaman dokkai dalam soal-soal JLPT. Penelitian ini menggunaka n
metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA tahun ajaran 2018-
2019 yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah berupa analisis deskriptif. Penguasaan huruf kanji dalam soalsoal
JLPT mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang
berdasarkan hasil test nilai rata-rata tertinggi yaitu 94.75 dan nilai rata-rata terendah
yaitu 33.50. Kemampuan dokkai dalam soal-soal JLPT mahasiswa semester 4
Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berdasarkan hasil test nilai rata-rata
tertinggi yaitu 71.75 dan nilai rata-rata terendah yaitu 17.25. Kemudian terdapat
korelasi antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai dengan nilai
korelasi yang didapat dalam penelitian ini adalah 0,558. Berdasarkan tabel koefisen
korelasi, hasil nilai korelasi dalam penelitian ini berarti korelasi positif sedang. Dari
penghitungan dan pemaknaan korelasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat
korelasi yang sedang antara penguasaan huruf kanji terhadap pemahaman dokkai
dalam soal-soal JLPT.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:32 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17464 |
Actions (login required)
View Item |