EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA MANDALAHAYU BEKASI

Susilowati, Anisha Dwi Meitira dan Sudjianto, Sudjianto dan Sukmara, Rina (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA MANDALAHAYU BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of ANISHA DWI MEITARIA SUSILOWATI.pdf]
Preview
Text
ANISHA DWI MEITARIA SUSILOWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMA Mandalahayu Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mandalahayu Bekasi tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan bentuk posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Mandalahayu Bekasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 berjumlah 30 siswa dan kelas X MIPA 2 berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitngan, diketahui bahwa nilai posttest kelas eksperimen sebesar 87.5 sedangkan kelas kontrol sebesar 78.7. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan T rumus independent sampel t-test program SPSS 25 dengan taraf signifikan Sig. (2-tailed) < 0.05. Setelah di hitung dengan uji t didapatkan hasil sebesar 0.004. Nilai gain kelas eksperimen sebesar 32.1964 sedangkan kelas kontrol sebesar 1.1834. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party efektif terhadap kemampuan kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket, model pembelajaran kooperatif tipe Tea Party yaitu menyenangkan, meningkatkan kosakata dan siswa lebih menyukai belajar bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:32
Last Modified: 10 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item