PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER PADA MATERI FISIKA SMA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON

Irawan, Very dan Ermawaty, Imas Ratna (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER PADA MATERI FISIKA SMA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of VERY IRAWAN.pdf]
Preview
Text
VERY IRAWAN.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan ketidaktertarikan peserta didik terhadap mata pelajaran fisika dan masih sedikitnya pengintegraisan nilai-nilai karakter di dalam media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggembangkan media pembelajaran berupa video animasi 3d berbasis karakter pada materi fisika SMA pokok bahasan hukum newton. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Dengan 5 tahapan penelitian yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analysis dilakukan analisis analisis kebutuhan dan studi pustaka. Pada tahap design dilakukan design awal media pembelajaran berupa penyusunan storyboard. Pada tahap development dilakukan pembuatan animasi pada sofwere blender. Pada tahap Evaluation, media diujikan kepada ahli materi dan ahli media kemudian di uji cobakan skala kecil dan skala besar kepada peserta didik. Kemudian pada tahap implementation berupa penggunaan video animasi 3d sebagai media dalam pembelajaran fisika. Data yang diperoleh dari hasil analisis kebutuhan, uji validasi dan uji coba berupa data kuantitatif kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.. Nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi sebesar 78,03% dengan kategori baik, kemudian nilai yang diperoleh dari ahli media sebesar 78,32% dengan kategori baik, Selanjutnya dari uji skala kecil di peroleh nilai sebesar 87,80% dengan kategori Sangat Baik dan padaa uji skala besar memperoleh nilai sebesar 80,97% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:32
Last Modified: 10 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item View Item