Rodhiah, Salsa Ariani dan Roza, Liszulfah (2020) Pengembangan Ebook Berbasis Multipel Representasi Pada Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Salsa Ariani Rodhiah.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa
aplikasi ebook yang berisi materi pembelajaran fisika kelas X. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1
Siantan pada peserta didik kelas X MIA 2, SMAN 1 Palmatak pada peserta didik
kelas X IPA 1, dan SMKN 4 Arung Hijau pada peserta didik kelas X TKJ. Uji coba
skala kecil dilakukan pada peserta didik SMAN 1 Palmatak kelas X IPA 1 dengan
jumlah peserta didik 15 orang. Uji coba skala besar dilakukan pada peserta didik
SMAN 1 Palmatak kelas X IPA 1 dengan jumlah peserta didik 25 orang, SMAN 1
Siantan kelas X MIA 2 dengan jumah peserta didik 26 orang, dan SMKN 4 Arung
Hijau kelas X TKJ dengan jumlah peserta didik 9 orang. Pengumpulan data
diperoleh menggunakan angket skala likert. Data yang diperoleh ialah data
kuantitatif berupa jumlah persentase kelayakan media yang dikembangkan dan data
kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan yang diberikan responden. Pada uji
kelayakan oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,66%. Uji kelayakan
oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 76,06%. Persentase yang diperoleh
melalui uji coba skala kecil yaitu sebesar 82,13%. Sedangkan untuk uji coba skala
besar memperoleh persentase sebesar 82,26%. Maka dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan layak
untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:32 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:32 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17445 |
Actions (login required)
View Item |