Ufairiah, Qornelia Rifa dan Laksanawati, Wahyu Dian (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Qornelia Rifa Ufairiah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based
Learning (PBL) dengan pendekatan Science, Tecnology, Engineering, Arts, and
Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran
2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental
Desain dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA di SMAN 1 Koba. Teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Data yang
dikumpulkan berdasarkan hasil dari pretest dan posttest yang disusun
berlandaskan indikator berpikir kritis, yaitu: (1) melakukan klasifikasi dasar; (2)
menilai dukungan dasar; (3) membuat kesimpulan; (4) melakukan klasifikasi
tingkat lanjut; (5) menerapkan strategi dan taktik dalam menyelesaikan masalah .
Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis
didapatkan dan , maka dapat disimpulkan
. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ( ) ditolak
dengan kata lain menerima hipotesis alternatif ( ) yang menyatakan bahwa,
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemberian model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Science, Technology,
Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:31 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:31 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17443 |
Actions (login required)
View Item |