Analisis Kebijakan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kecamatan Tigaraksa Pada Mata Pelajaran Fisika

Pariz, Qanita Dzakkiyah dan Kusdiwelirawan, Acep dan Rahmadhar, Yulia (2020) Analisis Kebijakan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kecamatan Tigaraksa Pada Mata Pelajaran Fisika. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of QANITAH DZAKIYYAH PARIZ.pdf]
Preview
Text
QANITAH DZAKIYYAH PARIZ.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memperoleh analisis data kebijakan mutu pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) di Kecamatan Tigaraksa pada mata pelajaran fisika dan membuktikan kebijakan mutu di sekolah yang terkait dengan 8 (delapan) Standar Pendidikan Nasional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di 3 SMA Kecamatan Tigaraksa, dengan data diperoleh dari dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah hasil koesioner yang diisi kepala sekolah, perwakilan administrator sekolah di bidang kurikulum, infrastruktur, dan siswa. Kuesioner sebagai alat ukur untuk strategi meningkatkan kualitas kebijakan pendidikan di sekolah, di mana kuesioner berisi pernyataan yang berkaitan dengan standar pendidikan nasional sebagai kebijakan yang digunakan dalam mata pelajaran fisika di sekolah dan data sekunder adalah data pendukung, dimana data bersumber dari pengamatan dan wawancara dengan warga sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian, SMA. A, B dan C, memiliki prosentase rata-rata hasil kuesioner, dokumentasi dan wawancara, yaitu: SMA. A memiliki persentase rata-rata 92,82%, 62,07% dan 68,09% yang dikategorikan baik, di sekolah menengah. B memiliki persentase 78,12%, 73% dan 71,62% yang dikategorikan baik, dan di sekolah menengah. C memiliki persentase 94,27%, 76,45% dan 83,14% yang dikategorikan sangat baik. sedangkan pada saat akan melaksanakan peningkatan kualitas sekolah ada juga beberapa kendala dalam menerapkan standar pendidikan nasional di sekolah yang biasanya mencakup pendanaan, staf pengajar dan kependidikan, proses pembelajaran, infrastruktur dan manajemen yang saling terlibat dalam pembelajaran fisika. Peraturan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah terhadap fisika terkait dengan Permendiknas nomor 64 tahun 2013 tentang standar konten, bahwa tujuan pembelajaran fisika meliputi membangun sikap ilmiah, pemikiran ilmiah, dan komunikasi ilmiah antar siswa yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di setiap sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17442

Actions (login required)

View Item View Item