PENGARUH STRATEGI KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN EVALUASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Nilah, Nilah dan Roza, Liszulfah (2020) PENGARUH STRATEGI KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN EVALUASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NURWAHAB NURWAHAB.pdf]
Preview
Text
NURWAHAB NURWAHAB.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi Knowledge Sharing terhadap kemampuan analisis dan evaluasi siswa dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan desain penelitian yaitu One-Grup Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 29 Kab. Tangerang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 29 siswa kelas X IPA pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kemampaun analisis dan evaluasi yang terdiri dari 15 soal uraian yang mencakup indikator kemampuan analisis dan evaluasi yaitu aspek menganalisis meliputi : membedakan (differentiating), mengorganisir (organizing), menghubungkan (attributing) dan aspek mengevaluasi meliputi: memeriksa (checking) dan mengkritik (critiquing) Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu rata-rata nilai postest kemampuan analisis dan evaluasi siswa yang menggunakan strategi knowledge sharing mencapai 66,97 sedangkan rata-rata nilai pretest kemampuan analisis dan evaluasi siswa mencapai 39,93. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh
sebesar 5,076 dan
sebesar 2,159. Hasil perhitungan tersebut berarti
>
sehingga
ditolak dan
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan analisis dan evaluasi siswa dengan menggunakan strategi knowledge sharing.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17441

Actions (login required)

View Item View Item