PENGEMBANGAN DIAGNOSTIK TES TIPE FOUR TIER BERKARAKTERISTIK EVALUASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Apriyanti, Nurliana dan Burhendi, Felicianda Adrin (2020) PENGEMBANGAN DIAGNOSTIK TES TIPE FOUR TIER BERKARAKTERISTIK EVALUASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS). Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NURLIANA APRIYANTI.pdf]
Preview
Text
NURLIANA APRIYANTI.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan belajar atau pemahaman pada siswa dengan pengembangan Four Tier Test Berkarakteristik Evalasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tes ini dilakukan untuk menentukan validitas, reabilitas yang ada pada Four Tier Test dengan menganalisis sejauh mana siswa dapat memahami konsep, serta mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada materi Termodinamika. Four Tier Test terdiri dari empat tingkatan yaitu pertanyaan dengan satu jawaban benar pada lima option yang tersedia, tingkat kepercayaan jawaban, alasan dan tingkat kepercayaan atas alasan. Penelitian ini termaksuk ke dalam jenis penelitian Reseacrh and Development (R&D). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu sisea kelas XII di SMA Muhammadiyah 4, SMA Muhammadiyah 23, SMA PGRI 4 Jakarta, SMA Budhi Warman II dan SMA Diponegoro 2. Instrumen yang dihasilkan pada penelitian ini terdiri dari kisi-kisi soal, butir pertanyaan, kunci jawaban dan lembar analisis pemahaman konsep siswa dalam tiap butir soal. Validasi yang dilakukan oleh validator menyatakan bahwa instrument ini dikatakan layak untuk digunakan. Pada studi pendahuluan dinyatakan bahwa sistem yang tidak paham konsep yaitu 18,3%, siswa yang tidak mengerti rumus dan konsep sebesar 56,7% dan siswa yang tidak paham rumus sebesar 25%. Pada uji coba temuan dilapangan menyatakan miskonsepsi pada materi Termodinamika yaitu 32,35%, tidak paham konsep 11,37%, eror 5,52%. paham konsep 21,08% dan 29,02%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17440

Actions (login required)

View Item View Item