PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Kumaladewi, Nurindah dan Suminten, Nyai (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nurindah Sari.pdf]
Preview
Text
Nurindah Sari.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning dengan pendekatan brain based learning pada konsep fluida statis untuk siswa kelas XI SMA/MA, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran mobile learning dengan pendekatan brain based learning pada konsep fluida statis untuk siswa kelas XI SMA/MA. Produk ini dapat dijadikan sebagai media bantu bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan produk, kemudian diujicobakan kepada guru mata pelajaran fisika serta diujicobakan kepada 24 peserta didik untuk kelompok kecil dan 59 peserta didik untuk kelompok besar dari empat sekolah yang berbeda untuk memberi masukan mengenai produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan aplikasi mobile learning dengan pendekatan brain based learning pada konsep fluida statis untuk siswa kelas XI SMA/MA, kualitas aplikasi mobile learning yang telah dikembangkan adalah dalam kategori baik berdasarkan penilaian ahli materi yaitu sebesar 80,80 % dan ahli media dalam kategori cukup baik sebesar 75,32 %. Penilaian respon pendidik pada ujicoba adalah baik yakni sebesar 81% serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar adalah baik yakni 82,11% dan 84 %. Sehingga aplikasi mobile learning ini dapat dijadikan sebagai media bantu yang layak bagi peserta didik dan pendidik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17439

Actions (login required)

View Item View Item