PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 3D MENGGUNAKAN TEKNIK RIGGING PADA MATERI HUKUM HIDROSTATIS, HUKUM PASCAL, DAN HUKUM ARCHIMEDES

Al Ayubi, Muhammad Lutfi dan Hidayat, Mirza Nur (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 3D MENGGUNAKAN TEKNIK RIGGING PADA MATERI HUKUM HIDROSTATIS, HUKUM PASCAL, DAN HUKUM ARCHIMEDES. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Muhammad Lutfi Alayubi.pdf]
Preview
Text
Muhammad Lutfi Alayubi.pdf

Download (919kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan minat
belajar siswa dan kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang
berbentuk video animasi 3D pada materi hukum hidrostatis, hukum pascal, dan
hukum archimedes. Pada penelitian ini, pengembangan yang dilakukan
menggunakan model ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan tahap studi literatur,
analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Pada tahap desain, dilakukan tahap
pembuatan media, diawali dengan membuat konsep media, pembuatan naskah,
modelling, animation, rendering. Pada tahap pengembangan, media yang sudah
dibuat diuji kelayakannya melalui ahli materi dan ahli media. Pada tahap
implementasi, media diuji coba lapangan kelompok skala kecil 30 responden.
Selanjutnya dievaluasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 82,00% berkategori baik, nilai ahli
media 88,76% berkategori sangat baik, uji skala kecil 81,06% berkategori baik, uji
skala besar 87,05% berkategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media
animasi 3d ini layak digunakan sebagai media pembelajaran hukum hidrostatis,
hukum pascal, dan hukum archimedes.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item View Item