PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E

Pamungkas, Adjie dan Kusdiwelirawan, Acep (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Adjie Pamungkas.pdf]
Preview
Text
Adjie Pamungkas.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dalam
bentuk cetak kedalam lembar kerja berbasis teknologi terutama Android. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi
LKPD mobile dan lembar kerja model learning cycle 7E pada materi fluida statis
dengan fokus pembahasan mengenai hukum Archimedes. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall.
Penelitian dimulai pada tahap analisis dengan melakukan studi literatur dan studi
lapangan. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan struktural fitur aplikasi
dan tampilan. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan format produk
awal sebagai perwujudan ide dan gagasan yang telah didefinisikan. Pada tahap uji
coba awal, media diujikan kepada ahli materi dan media dan kemudian dievaluasi.
Pada tahap uji lapangan dilakukan secara bertahap dimulai dari uji skala kecil, uji
skala besar, dan uji revisi produk yang secara keseluruhan melibatkan 20
responden. Data yang diperoleh pada hasil observasi dianalisis secara deskriptif
kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Nilai rata-rata ahli materi 85,56% (sangat baik), ahli media 79,23%
(baik), uji skala kecil 82,10% (baik), uji skala besar 80,33% (baik) dan uji produk
revisi 87,06% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak
untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:31
Last Modified: 10 Jul 2023 08:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item