Susilowati, Mami dan Roza, Liszulfah dan Rahmadhar, Yulia (2019) ANALISIS KEMAMPUAN INDIVIDU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH (COPING) PADA PELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Mami Susilowati.pdf Download (902kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan peserta didik dalam penggunaan strategi coping pada pelajaran fiska terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan data yang diperoleh berasal dari dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil belajar dan hasil sebaran angket strategi coping, sedangkan untuk data sekunder didapat dari hasil wawancara maupun observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa umumnya setiap individu dapat menggunakan kedua jenis strategi coping dalam menyelesaikan masalahnya, namun hal itu tergantung dengan keadaan dan kemampuan individu itu sendiri serta gender. Jika pada umumnya laki-laki dikenal cenderung menggunakan coping yang berfokus pada masalah, namun pada kenyataannya dalam pembelajaran fisika 16 dari keseluruhan peserta didik laki-laki 15 diantaranya cenderung menggunakan coping yang berfokus pada emosi. Berkaitan dengan pembelajaran fisika, dari 72 peserta didik 63 peserta didik diantaranya menggunakan coping yang berpusat pada emosi, sisanya 9 peserta didik menggunakan coping yang berfokus pada masalah. Kecenderungan coping juga tidak memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap hasil belajar peserta didik. Jadi coping hanya memberikan analisis mengenai cara peserta didik dalam menghadapi masalah pelajaran fisika guna merasa aman pada keadaan psikisnya
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:31 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:31 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17408 |
Actions (login required)
View Item |