PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA PENDEK TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PADA KELAS LINTAS MINAT

Fakhriyyah, Kamilia dan Roza, Liszulfah dan Rahmadhar, Yulia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA PENDEK TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PADA KELAS LINTAS MINAT. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Kamilia Fakhriyyah.pdf]
Preview
Text
Kamilia Fakhriyyah.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis cerita pendek terhadap minat belajar fisika pada kelas lintas minat. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Kota Sukabumi pada peserta didik kelas X IPS 4, X IPS 5, dan X IPS 6 tahun ajaran 2019-2020. Responden pada penelitian ini meliputi ahli materi yang berjumlah 2 orang yang merupakan dosen pendidikan fisika UHAMKA, ahli media yang berjumlah 2 orang yang merupakan dosen pendidikan fisika UHAMKA, serta ahli bahasa dan sastra yang berjumlah 2 orang yang merupakan dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UHAMKA dan guru bahasa Indonesia di SMAN 1 Cibitung. Ujicoba kelompok kecil dilakukan pada kelas X IPS 4 dengan jumlah peserta didik 15 orang, ujicoba kelompok besar dilakukan pada kelas X IPS 6 dengan jumlah peserta didik 35 orang, dan pengumpulan data minat belajar fisika dilakukan pada kelas X IPS 5 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan atau reaserch and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data diperoleh menggunakan angket skala likert. Data yang diperoleh ialah data kuantitatif berupa jumlah persentase kelayakan media dan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan yang diberikan oleh responden.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17407

Actions (login required)

View Item View Item