PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LIVEBOARD DITINJAU DARI ASPEK AFEKTIF PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN

Abdurrozak, Afif dan Soenarto, Muhammad dan Cianda, Feli (2019) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LIVEBOARD DITINJAU DARI ASPEK AFEKTIF PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of AFIF ABDURROZAK.pdf]
Preview
Text
AFIF ABDURROZAK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh model blended learning berbasis liveboard
ditinjau dari aspek afektif pada mata kuliah fisika modern. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel
yang digunakan adalah Sampling Purposive.
Pada uji validitas dengan menggunakan biserial product moment sebanyak 10 soal esai dengan 7
soal valid dan 3 soal drop pada fisika modern. Pada uji reabilitas menggunakan metode alpha
memperoleh pada fisika modern rhitung = 1,034. Maka data tersebut memiliki instrumen yang
reliable. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji
Liliefors Galat Taksiran diperoleh pada fisika modern Lh 0,1481 < Lt 0,1823. Sedangkan uji
homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh pada fisika modern χ2
h = 4,496 < χ2
t =
18,31. Hasil Indeks Gain pada fisika modern memperoleh nilai 0,59.
Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh pada fisika modern thitung = 1,818 dengan ttabel = 1,717
pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model blended Learning berbasis Liveboard
ditinjau dari aspek afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item