HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 10 KOTA TANGERANG

Umiyanti, Umiyanti dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 10 KOTA TANGERANG. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of UMIYANTI.pdf]
Preview
Text
UMIYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas x di SMAN 10 kota Tangerang pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Metode yang digunakan deskriptif kolerasi. Populaai dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPA yaitu X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 4 dan kelas IPS yaitu X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, X IPS 4 yang seluruhny berjumlah 307 orang sementara jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 307 x 15%= 46,1. Teknik pengambilan sampel menggunakan (Random sampling). Instrumen yang digunakan berupa angket menggunakan pernyataan motivasi yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar, sedangkan tes pilihan ganda digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ruang lingkup biologi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk melihat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 10 Kota Tangerang tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 80,82%. Sedangkan hasil belajar biologi tergolong baik dengan rata-rata 75,13%. Uji hipotesis menunjukan nilai rhitung = 0,633 sehingga rhitung > rtabel, ( 0,633 > 0,349) pada α= 0.05. Dengan demikian terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar Biologi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17388

Actions (login required)

View Item View Item