PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 7E PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SEMESTER 1

Azhary, Septaria Cindy dan Akbar, Budhi (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 7E PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SEMESTER 1. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Septaria Cindy Azhary.pdf]
Preview
Text
Septaria Cindy Azhary.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model learning cycle 7E pada materi biologi kelas XI Semester 1. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober hingga November 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 13 Bekasi dan SMAN 51 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMAN 13 Bekasi kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas. Dan SMAN 51 Jakarta kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel adalah kelas XI MIPA 5 di SMAN 13 Bekasi dan kelas XI MIPA 4 di SMAN 51 Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Developmental Reseacrh) dengan model 4-D. RPP yang dikembangkan menggunakan model learning cycle 7E pada materi biologi kelas XI semester 1 yang terdiri dari RPP materi sel, materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan, materi struktur dan fungsi tulang, otot dan sendi, materi sistem sirkulasi, dan materi struktur dan fungsi sel pada sistem pencernaan. Langkah-langkah pengembangan RPP terdiri dari beberapa tahap yaitu define (analisis awal, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, perumusan tujuan pembelajaran), design (penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal), develop (validasi ahli, uji coba), dan desseminate (penguji validasi, pengemasan, difusi dan adopsi). Validasi RPP dilakukan oleh para ahli. Tingkat kevalidan RPP yang diperoleh pada materi sel sebesar 80,8% kategori “sangat baik”, materi jaringan tumbuhan sebesar 78,6% kategori “baik”, materi jaringan hewan sebesar 79,5% kategori “baik”, materi sistem gerak sebesar 80,7% kategori “sangat baik”, materi sistem sirkulasi sebesar 79,2% kategori “baik”, dan materi sistem pencernaan sebesar 81,5% kategori “sangat baik”. Tingkat kepraktisan RPP yang diperoleh sebesar 79,6% kategori (baik). Tingkat keefektifan RPP yang diperoleh sebesar 86,1% kategori (sangat baik) pada SMA A dan 97,2% kategori (sangat baik) pada SMA B. Hasil pengembangan RPP menunjukkan sudah memenuhi syarat karakteritik yang baik yaitu valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item View Item