PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI MAN 8 JAKARTA

Aprilianti, Siska dan Akbar, Budhi dan Dharma, Agus Pambudi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI MAN 8 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of SISKA APRILIANTI.pdf]
Preview
Text
SISKA APRILIANTI.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 8 Jakarta pada kelas XI semester 2 bulan maret hingga juni pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga dapat diperoleh dua kelompok untuk penelitian yaitu XI MIA 1 dengan jumlah 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 dengan jumlah 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen, sedangkan desain yang digunakan Posttest-Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 84,29 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 78,20. Hasil uji hipotesis digunakan uji t pada taraf siginfikan α = 1%, diperoleh thitung = 4,14 > ttabel 2,65 ; yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:28
Last Modified: 10 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17357

Actions (login required)

View Item View Item