HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSEPTUAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PRO LINGKUNGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA

Febrianto, Johari dan Amirullah, Gufron dan Abdullah, Sahami (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSEPTUAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PRO LINGKUNGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of JOHARI FEBRIANTO.pdf]
Preview
Text
JOHARI FEBRIANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan lingkungan mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam menyikapi lingkungan sehingga sangat penting untuk diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai koefisien korelasi antara pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup dengan perilaku pro lingkungan mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA. Metode: Penelitian ini memakai metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 9 butir soal untuk mengetahui pengetahuan konseptual dan instrumen non tes berupa kuesioner sebanyak 25 pernyataan untuk mengetahui perilaku pro lingkungan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 92 mahasiswa. Hasil: Kedua variabel memiliki persamaan regresi y = 77,25 + 0,429x. Sedangkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh hasil yakni 0, 903. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup dengan perilaku pro lingkungan pada mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA. Kesimpulan: Pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup yang dimiliki mahasiswa berkontribusi sebesar 81,50% terhadap perilaku pro lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:50
Last Modified: 03 May 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17335

Actions (login required)

View Item View Item