Dari, Indri Ulan dan Meitiyani, Meitiyani dan Susilo, Susilo (2019) Analisis Kesesuaian Buku Teks Biologi SMA Kelas X Dengan Kurikulum 2013. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Indri Ulan Dari.pdf Download (747kB) | Preview |
Abstract
Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
kesesuaian buku teks Biologi SMA kelas X yang digunakan di SMA
Muhammadiyah di Kota Tangerang Selatan dengan aspek-aspek kurikulum 2013.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik
pengambilan data menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah buku teks Biologi kelas X SMA Muhammadiyah Tangerang Selatan yang
sudah direkomendasi pemerintah dan yang belum direkomendasi pemerintah.
Instrumen yang digunakan merupakan lembar analisis buku peserta didik
berdasarkan Pedoman Kegiatan Pendamping Implementasi Kurikulum 2013. Hasil
penelitian menunjukkan persentase Standar Kompetensi Lulusan (SKL) tertinggi
diperoleh buku A dengan persentase dimensi sikap 87% dan keterampilan 100%
sedangkan untuk dimensi pengetahuan buku A dan buku B memiliki persentase
yang sama sebesar 100%. Kompetensi Inti (KI) buku A dan B memiliki persentase
yang sama yaitu 67% (KI I dan KI II) serta 100% (KI III dan KI IV). Pada aspek
KD persentase tertinggi diperoleh buku A sebesar 85%. Pada aspek kecakupan
materi kedua buku mendapat persentase yang sama, dimensi cakupan materi
sebesar 100% dan alokasi waktu sebesar 33%. Pada aspek kedalaman materi ratarata
persentase tertinggi diperoleh buku A sebesar 80%. Pada aspek pendekatan
materi rata-rata persentase tertinggi diperoleh buku B sebesar 87%. Selanjutnya,
aspek penilaian autentik pada dimensi pengetahuan persentase tertinggi diperoleh
buku B sebesar 83% sedangkan dimensi sikap dan keterampilan pada kedua buku
mendapatkan persentase yang sama sebesar 33%. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa kesesuaian buku teks Biologi SMA kelas X dengan
aspek-aspek kurikulum 2013 rata-rata persentase tertinggi diperoleh buku A sebesar
78%, walaupun buku B belum direkomendasikan pemerintah namun hasil rata-rata
persentase buku B 76% masuk dalam kategori cukup baik, sesuai dengan standar
kurikulum serta masih layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 03 May 2023 01:50 |
Last Modified: | 03 May 2023 01:50 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17332 |
Actions (login required)
View Item |