Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficasy) Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Eksresi di SMA Negeri 12 Rangkasbitung

Hakim., Harisah Mariu dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficasy) Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Eksresi di SMA Negeri 12 Rangkasbitung. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of HARISAH.pdf]
Preview
Text
HARISAH.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besar koefisien korelasi antara self efficacy dengan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Rangkasbitung pada bulan Februari - Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Rangkasbitung dengan jumlah 170. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster random sampling dengan jumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket self efficacy dan tes kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket self efficacy dan tes kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhit > rtab (0,520 > 0,349) yang berarti hipotesis berada di daerah penolakan Ho. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya hubungan antara self efficacy dengan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Self efficacy memberikan konstribusi sebesar 27% terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 03 May 2023 01:50
Last Modified: 03 May 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item View Item