Program Inovasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris bagi Guru SMP Se-Kabupaten Merauke

Ningsih, Sri Kusuma dan Ekawati, Anita dan Ferawati, Ferawati dan Benyta, Bunga Elsa Program Inovasi Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris bagi Guru SMP Se-Kabupaten Merauke. UHAMKA. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan pengabdian masyarakat batch 2 tahun 2022] Other (Laporan pengabdian masyarakat batch 2 tahun 2022)
Laporan Sri Kusuma Ningsih Batch 2 2021.2022 (1).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Kegiatan program kemitraan masyarakat berupa pelatihan penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris ini bertujuan untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kosakata dengan cara yang lebih sederhana, menarik, kreatif dan mudah untuk dipahami siswa.

Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah guru-guru bahasa Inggris sekolah menengah pertama. Pelatihan ini dihadiri 19 guru dari 25 guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Inggris kota Merauke. Pelatihan ini dilakukan secara offline dengan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan praktik langsung serta evaluasi. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep mind mapping. Metode demonstrasi dipakai untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahapan pembuatan mind mapping, metode latihan dilaksanakanuntuk mempraktikkan tahapan yang benar dalam pembuatan mindmapping. Sementara metode tanya jawab untuk memberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala dalam pembuatan mind mapping. Bagian akhir dari kegiatan ini yaitu evaluasi dari hasil mind mapping yang telah dibuat dan dipresentasikan oleh peserta.

Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam program pelatihan ini di program studi Bahasa Inggris, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah dan ketua MGMP kota Merauke terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari UHAMKA merupakan pendukung terlaksananya kegiatan ini. Pelatihan ini tidak terlalu mendapatkan banyak kendala mengingat para peserta sudah memiliki pengetahuan dasar tentang metode mind mapping. Namun demikian masih ditemukan kendala terkait keterbatasan waktu untuk pelatihan dan kesesuaian waktu yang dimiliki oleh masing-masing guru. Manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan ini antara lain memberikan tambahan wawasan pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan mind mapping yang lebih terarah dan lebih kreatif.

Item Type: Other
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sri Kusuma
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:34
Last Modified: 26 Aug 2022 03:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16817

Actions (login required)

View Item View Item