Hubungan Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Disiplin Pegawai pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sijuk Kabupaten Belitung Tahun 2020

Septiawan, Ridho Rizki (2022) Hubungan Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Disiplin Pegawai pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sijuk Kabupaten Belitung Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015002_RIDHO RIZKI SEPTIAWAN.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015002_RIDHO RIZKI SEPTIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan suatu instansi dalam mencapai tujuannya, karena disiplin kerja mempunyai dampak yang kuat terhadap suatu instansi untuk mencapai target dan sasarannya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan Kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap disiplin pegawai di UPT Puskesmas Sijuk Kabupaten Belitung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain studi cross sectional. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai UPT Puskesmas Sijuk yang berjumlah 40 orang. Data yang digunakan adalah data primer. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 52,5% pegawai di UPT Puskesmas Sijuk sudah dikategorikan disiplin. Terdapat hubungan yang bermakna antara kepemimpinan (p= 0,012) terhadap disiplin pegawai dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jenis kelamin (p= 1,000), Umur (p=0,226), pendidikan (p=1,000) serta lingkungan kerja (p=0,057) terhadap disiplin pegawai.Disarankan UPT Puskesmas Sijuk perlu lebih memperhatikan kembali disiplin pegawai, terutama keterlambatan masuk kerja, serta ketidakberadaan mereka disaat jam kerja berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 24 Aug 2022 10:47
Last Modified: 24 Aug 2022 10:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16776

Actions (login required)

View Item View Item