Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Remaja Putri di SMAN 2 Bekasi

Rahmanisa, Riska (2018) Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Remaja Putri di SMAN 2 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015130_RISKA RAHMANISA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015130_RISKA RAHMANISA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kanker payudara merupakan jenis tumor ganas yang hingga kini masih menjadi pembunuh nomor satu bagi perempuan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tingginya tingkat kematian akibat kanker payudara disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya, tanda – tanda dini, faktor resiko, cara penanggulangan yang benar dan penerapan pola hidup sehat. Salah satu metode deteksi dini kanker payudara adalah SADARI yang dapat dilakukan wanita semenjak masa pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan perilaku SADARI pada remaja putri di SMAN 2 Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan populasi yaitu seluruh remaja putri kelas XI yang ada di SMAN 2 Bekasi. Besar sampel pada penelitian ini adalah 86 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan tentang SADARI, sikap terhadap SADARI, keterpaparan media massa, dukungan orang tua dan dukunagn teman sebaya. Sedangkan variabel terikat adalah perilaku SADARI. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil melalui angket yang diisi oleh responden menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik chi square. Hasil univariat menunjukkan sebanyak 60,2% siswi berperilaku SADARI baik, 72,1% siswi mempunyai pengetahuan SADARI yang tinggi, 64% siswi memiliki sikap mengenai SADARI yang positif, 62,8% siswi mendapatkan informasi tentang SADARI, 57,2% siswi mendapatkan dukungan orang tua yang cukup dan 51,2% siswi mendapatkan dukungan teman sebaya yang cukup. Hasil uji chi square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan SADARI (Pvalue = 0,007), sikap SADARI (Pvalue = 0,001), keterpaparan media massa (Pvalue = 0,000), dukungan orang tua (Pvalue = 0,017), dan dukungan teman sebaya (Pvalue = 0,000) dengan perilaku SADARI pada remaja putri di SMA N 2 Bekasi. Diharapkan kedepannya ada suatu kegiatan yang menambah wawasan dan ketertarikan siswi SMA N 2 Bekasi untuk melakukan SADARI serta penelitian kepada siswi yang belum pernah mendengar SADARI.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:04
Last Modified: 22 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16734

Actions (login required)

View Item View Item