Pengaruh Leverage, Aliran Kas Operasi dan Ukuran Dewan Direksi terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Non-Keuangan di Indonesia (Subsektor Jasa)

Sari, Winda Komala (2020) Pengaruh Leverage, Aliran Kas Operasi dan Ukuran Dewan Direksi terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Non-Keuangan di Indonesia (Subsektor Jasa). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1602025264_Winda Komala Sari.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1602025264_Winda Komala Sari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh variabel independen (leverage,aliran kas operasi, dewan direksi) terhadap variabel dependen (manajemen laba) pada perusahaan non keuangan (subsector jasa). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia selama 2013-2017.Sampel penelitian diperoleh dengan metode eksplanasi. Terdapat 76 perusahaan non-keuangan pada subsektor (infrastruktur, transportasi, utilitas) yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia yang memenuhi kriteria sehinga menghasilkan 30 data tersedia sebagai sampel.
Populasi ini menggunakan regresi linear berganda untuk melihat setiap pengaruh variabel independen pada variabel dependen. Hasil penelitian ini adalah aliran kas operasi berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:48
Last Modified: 09 Aug 2022 02:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item View Item