Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Koefisien Respon Laba

Hamamuso, Niameeroh (2019) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Koefisien Respon Laba. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1402025190_NIAMEEROH HAMAMUSO.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1402025190_NIAMEEROH HAMAMUSO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba Studi pada perusahaan yang memiliki saham syariah sektor perdagangan dan jasa investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan (laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi) dan dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan Perdagangan dan Jasa Investasi (Sub Sektor perusahaan yang memiliki saham syariah) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis akuntansi, uji deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastis dan uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Variabel terikat yang diteliti adalah Earnings Response Coefficient yang diproksikan melalui Cumulative Abnormal Return. Sedangkan variabel bebas yang diteliti adalah Ukuran Perusahaan (Ln TA), Pertumbuhan Perusahaan (Kenaikan Laba Bersih) dan Profitabilitas (ROA) sebagai objek peubah dan Perusahaan perdagangan dan jasa investasi (Sub Sektor perusahaan yang memiliki saham syariah) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai objek pengamatan.Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa Ukuran Perusahaan (Ln TA), Pertumbuhan Perusahaan (Kenaikan Laba Bersih), Profitabilitas (ROA) dan Earnings Response Coefficient (CAR) setelah dihitung dan dianalisis dengan bantuan program Software SPSS 20.0 dan Microsoft Excel, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan (X1) memiliki nilai thitung 0.814 < ttabel (0.05 ; 65) 1.997 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
Maka dapat diinterpretasikan bahwa Ukuran Perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient. Selanjutnya, variabel Pertumbuhan Perusahaan (X2) memiliki nilai thitung -5.627 < ttabel (0.05 ; 65) 1.997 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Pertumbuhan Perusahaan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Earnings Response Coefficient. Selanjutnya, variabel Profitabilitas (X3) memiliki nilai thitung 1.601 < ttabel (0.05 ; 65) 1.997 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Earnings Response Coefficient.
Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa nilai Fhitung 13.156 > nilai Ftabel 0.05 (3:65) = 3.14 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Earnings Response Coefficient.
Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0.378, artinya 37.8% variabel Earnings Response Coefficient dapat dijelaskan oleh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas sedangkan sisanya 62.2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kesempatan bertumbuh, default risk, resiko sistematik, dan predaktabilitas laba.
Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen lainnya dan menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Aug 2022 05:05
Last Modified: 08 Aug 2022 05:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16415

Actions (login required)

View Item View Item