Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Jasa Keuangan Sub Sektor Perbankan yang Terdaftar di Indonesia

Septy, Riga (2020) Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Jasa Keuangan Sub Sektor Perbankan yang Terdaftar di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1602025201_Riga Septy.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1602025201_Riga Septy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas terhadap Ukuran Perusahaan pada perusahaan sektor jasa keuangan sub sektor perbankan yang terdaftar di indonesia tahun 2014-2017. Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor jasa keuangan sub sektor perbankan yang terdaftar di indonesia tahun 2014-2017. Terdapat 10 perusahaan dalam penelitian ini yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian selama 4 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, dokumentasi merupakan pengumpulan data atau informasi yang terkait dalam penelitian ini seperti laporan keuangan yang telah dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Jurnal penelitian terdahulu dan literature lain yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi analisis manajemen keuangan, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien korelasi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Struktur Modal (DER) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Hal ini mencerminkan jika Struktur Modal naik maka Nilai Perusahaan tidak akan naik. Selain itu, variabel Ukuran Perusahaan (Ln to Total Aset) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Hal ini menunjukkan bahwa jika Ukuran Perusahaan naik maka Nilai Perusahaan akan turun. Sedangkan, Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Hal ini menunjukkan bahwa jika Profitabilitas naik maka Nilai Perusahaan juga akan naik Sementara, hasil penelitian secara simultan juga menujukkan bahwa Struktur Modal (DER), Ukuran Perusahaan (Ln to Total Aset), dan Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:19
Last Modified: 08 Aug 2022 04:19
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item