Analisis Bibliometrik Terhadap Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika

Soebagyo, Joko (2022) Analisis Bibliometrik Terhadap Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6 (2). pp. 276-290. ISSN 2549-4937

[thumbnail of 6153-19271-1-PB.pdf]
Preview
Text
6153-19271-1-PB.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/vi...

Abstract

Penggunaan ICT pada pembelajaran matematika dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren penulisan artikel penggunaan ICT pada pembelajaran matematika, tren artikel yang memiliki jumlah sitasi terbanyak, klasifikasi peringkat jurnal, negara asal jurnal, dan pemetaan dalam mencari tren publikasi ilmiah internasional dengan pangkalan data Scopus. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik. Populasi dari penelitian ini adalah 200 artikel hasil penelusuran data menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) dari tahun 2011-2021, diperoleh 92 artikel sebagai sampel yang sesuai dengan kriteria kata kunci. Data disimpan dalam bentuk Microsoft Excel sebagai bahan pengolahan data dan disimpan dalam bentuk RIS untuk digunakan pada software VOSviewer untuk mendapatkan pemetaan dalam mencari tren publikasi. Tren penulisan artikel tentang penggunaan ICT mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun 2017 sampai pada puncaknya di tahun 2019. Analisis pemetaan software VOSViewer memiliki tiga tema terkait penggunaan ICT pada pembelajaran matematika yaitu “memory aid”,“effectiveness”,“grade”, dan “mathematics education” yang masih jarang diteliti dan menjadi tema keterbaruan dalam penelitian. Tema tersebut dapat menjadi peluang untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Joko Soebagyo
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:38
Last Modified: 08 Aug 2022 07:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16309

Actions (login required)

View Item View Item