Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer

Soebagyo, Joko (2022) Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6 (1). pp. 193-210. ISSN 2549-4937

[thumbnail of 5451-18251-1-PB.pdf]
Preview
Text
5451-18251-1-PB.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/vi...

Abstract

Perkembangan Pendidikan di Indonesia saat ini sudah mengacu kepada abad 21 yang ditandai perkembangan teknologi. Berkembangnya teknologi membuat proses pembelajaran online sangat mudah untuk digunakan. Google Classroom merupakan salah satu platform berasal dari Google yaitu layanan portal efisien yang memudahkan guru untuk mengelola buku teks dan tugas. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran yang luas analisis bibliometrik tentang media pembelajaran Google Classroom dengan menskrining 93 artikel yang telah dicari dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish dan menganalisisnya dengan aplikasi VOSViewer serta menarik kesimpulan atas gambaran yang luas dari tujuan artikel. Terdapat 4 Clusters pengklasifikasian dengan VOSViewer. Hasil Penelitian didapat bahwa artikel yang digunakan dengan judul Google Classroom dan kata kunci “pendidikan”, dan “matematika” mulai meningkat pada tahun 2018, 2019, dan 2020 serta artikel yang paling banyak publikasi adalah negara Indonesia. Dari penelitian tersebut didapat 3 kluster mengenai media pembelajaran menggunakan Google Classroom dengan topik matematika pendidikan. Topik media pembelajaran Google Classroom sudah banyak dilakukan penelitian, namun untuk topik effect, impact, dan achievment sangat jarang dilakukan penelitian.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Joko Soebagyo
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:38
Last Modified: 08 Aug 2022 07:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item