Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Madziyyah, Inggit Hasti (2019) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025123_INGGIT HASTI MADZIYYAH.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025123_INGGIT HASTI MADZIYYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan perbankan konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013 - 2017.
Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu memperoleh data berupa laporan keuangan tahunan dan laporan keberlanjutan yang berisi tentang corporate social responsibility, profitabilitas dan nilai perusahaan pada 7 sampel perusahaan jasa subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang diteliti adalah CSDI dan Return on Equity (ROE) sebagai variabel independen, sedangkan variabel dependen adalah Tobin’s Q. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis manajemen, analisis statistik deskriptif, analisis linear berganda, analisis asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan adjusted r-square.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa CSR memiliki thitung (-0.875) < ttabel (2.03693) dan nilai signifikansi 0.388 di mana nilai signifikansi 0.388 > 0.05 yang berarti bahwa CSR secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan variabel Profitabilitas memiliki thitung (4.511) > t tabel (2.03693) dan nilai signifikansi 0.000 di mana nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa Profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) yaitu nilai Fhitung (10.192) > Ftabel (3.29) pada tingkat signifikansi F 0.000 < 0.05 dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa seluruh variabel independen (CSR dan Profitabilitas) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen (Nilai Perusahaan).Berdasarkan hasil pengujian Koefisien Korelasi (r) menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility memiliki hubungan dengan variabel Nilai Perusahaan sebesar 0.027. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara variabel Corporate Social Responsibility dengan variabel Nilai Perusahaan rendah, sedangkan hasil koefisien korelasi (r) variabel Profitabilitas dengan variabel Nilai Perusahaan memiliki hubungan sebesar 0.612. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara variabel Profitabilitas dengan variabel Nilai Perusahaan kuat.
Berdasarkan koefisien determinasi (R2) yang di tunjukkan dari nilai R-Square sebesar 0.389 atau 38.9% hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel dependen yang dijelaskan oleh variabel independen.
Berdasarkan Adjusted R-square yang di tunjukkan sebesar 0.351. Artinya variabel independen yaitu Corporate Social Responsibility (X1) dan Profitabilitas (X2) mampu menjelaskan variabel dependen yaitu Nilai Perusahaan (Y) sebesar 35.1% sedangkan sisanya sebesar 64.9% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukan atau dijelaskan dalam penelitian ini seperti Return on Assets (ROA), Good Corporate Governance (GCG), Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Struktur Modal.
Berdasarkan penjelasan di atas peneliti memberikan saran-saran kepada peneliti mendatang untuk menambahkan variabel bebas lainnya atau melakukan penelitian selanjutnya dengan sektor yang berbeda selain sektor perbankan konvensional yang dilakukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:03
Last Modified: 03 Aug 2022 04:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16189

Actions (login required)

View Item View Item