Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Paparan Iklan Dengan Perilaku GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA Angkatan 2016 Tahun 2019

Oktopiana, Dina (2019) Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Paparan Iklan Dengan Perilaku GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA Angkatan 2016 Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1505025166_DINA OKTOPIANA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1505025166_DINA OKTOPIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi, dari penyakit infeksi atau penyakit menular ke Penyakit Tidak Menular (PTM). Terjadinya pergeseran penderita tidak hanya menyerang lansia, tetapi juga usia produktif khususnya remaja. Terjadinya pola perubahan penyakit sangat berkaitan dengan perilaku dikarenakan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif atau aktivitas fisik yang rendah, konsumsi buah dan
sayur yang juga rendah dan tidak melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Sehingga terbentuknya program yang berkaitan untuk memperbaiki perilaku masyarakat yaitu GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Paparan Iklan Dengan Perilaku GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA Angkatan 2016 Tahun 2019”. Penelitian dengan desain Cross Sectional ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 88 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur tentang pengetahuan, sikap, paparan iklan, aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur dan cek kesehatan secara rutin. Data konsumsi buah dan sayur didapatkan dengan metode SQ-FFQ. Teknik analisis data dengan Chi-square. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 79,5% responden belum mencapai konsumsi buah dan sayur sesuai rekomendasi yaitu ≥400 gram/hari. Sebanyak 81,8% responden tidak berperilaku GERMAS. Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan dengan perilaku GERMAS. Tetapi tidak terdapat hubungan bermakna antara sikap dan paparan iklan dengan perilaku GERMAS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:17
Last Modified: 02 Aug 2022 07:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item View Item