Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 23 pada Proses Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan Jasa terhadap Laba Operasional di PT Multi Graha Teknika

Aljabbar, Muhammad Faris (2017) Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 23 pada Proses Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan Jasa terhadap Laba Operasional di PT Multi Graha Teknika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1202025105_MUHAMMAD FARIS ALJABBAR.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1202025105_MUHAMMAD FARIS ALJABBAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengakuan dan pengukuran dari kegiatan usaha jasa perawatan perkereta apian pada PT Multi Graha Teknika dan untuk mengetahui pengakuan dan pengukuran pendapatan pada jasa perawatan perkereta apian telah sesuai dengan PSAK No. 23.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan mengumpulkan data langsung dari perusahaan. Variabel yang diteliti adalah penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) nomor 23 pada proses pengakuan dan pengukuran pendapatan sebagai variabel bebas dan laba operasional sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan telaah dokumen yang ada di PT Multi Graha Teknika. Teknik pengolahan dan analisis data dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Multi Graha Teknika menggunakan PSAK No. 23 dalam melakukan proses pengakuan dan pengukuran pendapatan jasa perawatan perkereta apian yaitu dengan cara menentukan pengakuan pendapatan jasa dapat diukur secara andal seperti pendapatan yang dicatat dan diakui oleh perusahaan menggunakan metode accrual basis. Sedangkan pada saat menentukan pengukuran pendapatan jasa perawatan perkereta apian dilihat dari laporan GSA-SAR (General Statement of Account – Statement of Account Receivable) setiap bulannya.
Pendapatan jasa perawatan perekereta apian di PT Multi Graha Teknika dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu perawatan crane, perawatan KRDE dan perawatan peralatan alat uji kereta api. Dimana PT Multi Graha Teknika melakukan perawatan perkereta apiaannya secara rutin setiap bulannya untuk selalu menjaga kondisi kereta api agar siap operasi.
PT Multi Graha Teknika dalam menjalankan kegiatan usahanya, menerapkan dan mengikuti perkembangan peraturan yang berlaku. Dalam melakukan pengakuan dan pengukuran pendapatan jasa perawatan perkereta apian perusahaan menggunakan peraturan yang telah ditetapkan SAK yaitu PSAK No. 23. Peneliti mengharapkan agar kebijaksanaan yang sudah ada tetap dipertahankan. Kemudian bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian terhadap PSAK No. 23 baik berupa data, metode penelitian, maupun perusahaannya seperti membandingkan perusahaan dagang, manufaktur dan jasa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:37
Last Modified: 29 Jul 2022 04:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item View Item