Astutik, Rugi (2020) Kompetensi Menulis Kisah Inspirasi Melalui Metode Atap Pada Asosiasi Guru Belajar. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.
Preview |
Text
SPS_INDONESIA_1809057063_RUGI ASTUTIK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi menulis guru di Asosiasi Guru Belajar dalam mendeskripsikan awalan, tantangan, aksi, dan pelajaran (ATAP) (dari kisah-kisah inspirasi guru). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah dan dengan teknik pengumpulan data studi kasus yaitu (yang meliputi) kejadian sesuatu, kondisi aktual dari keadaan atau situasi, dan lingkungan atau kondisi tertentu tentang orang atau sesuatu. Penelitian dilakukan pada karya para guru di Asosiasi Guru Belajar yang berjumlah 31. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam mendeskripsikan bagian awalan masuk dalam kriteria kurang. Hal tersebut dibuktikan dengan peroleh persentase sebesar 48,39%. Namun demikian, Kompetensi guru dalam mendeskripsikan bagian tantangan, aksi dan pelajaran masuk dalam kriteria tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan peroleh persentase sebesar 83,87 %, 100 % dan 93.55 % secara berurutan. Diharapkan metode ATAP (awalan, tantangan, aksi, dan pelajaran) dapat menjadi teori inovasi tentang metode menulis kisah inspirasi. Selain itu, guru dapat mengaplikasikan metode ATAP dalam pengajaran di kelas untuk keterampilan menulis sehingga siswa dapat meningkatkan kompetensi menulis karena teori ini terbukti lebih mudah diterapkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi menulis, kisah inspirasi, metode ATAP (Awalan, Tantangan, Aksi, Pelajara |
Subjects: | A General Works |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | libsps libsps libsps |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:23 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:23 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15803 |
Actions (login required)
View Item |